Animated Cool Shiny Blue Pointer Faez blogspot: Bangun Awal Pagi

WAKTU SOLAT

There was an error in this gadget

Friday, June 1, 2012

Bangun Awal Pagi


Kelebihan bangun pagi~

1. Boleh melaksanakan ibadah tepat waktu bagi yang muslim (sholat subuh).

2. Badan jadi lebih seger dan sihat, udara pagi yang sangat segar dan masih belum banyak mengandungi udara tercemar. Lebih baik jika lakukan senaman seperti jogging.

3. Waktu yang sesuai untuk berfikir. Sesuai untuk membaca buku kerana suasana yang tenang.

4. Meningkatkan produktiviti. Anda akan jadi lebih produktif jika bangun awal pagi. Boleh lakukan banyak hal tanpa mengejar waktu. Kerja yang tertunda pada malam tadi boleh diselesaikan dengan mudah dipagi hari

5. Boleh melakukan kegiatan tepat waktunya. Pada yang bekerja di pejabat tentunya bangun pagi sangat bermakna apa lagi bila anda antara orang yang awal sebelum jalan menjadi sesak.
Kepada yang masih bersekolah tentu pelbagai persediaan dan aktiviti boleh dilakukan sebelum mula kelas.

Indahnya manfaat bangun pagi

1. Tubuh Mendapat Nutrisi Penting

Dengan bangun pagi, waktu untuk sarapan pasti ada. Sarapan adalah bahan bakar bagi tubuh kita untuk melakukan berbagai aktifitas seharian. Kita pun memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan yang sihat, lazat dan bergizi.

2. Tubuh melakukan olah gerak

Energi penuh akan kita dapatkan dengan melakukan olahraga di pagi hari. Tubuh akan memiliki tenaga dan merasa segar sehingga kita siap melakukan pekerjaan rutin.

3. Fikiran lebih tenang

Bangun pagi membuat kita memiliki banyak waktu sehingga kita tidak perlu tergesa-gesa dalam menyiapkan sesuatu. Tidak lewat pergi kerja. atau terhindar keadaan yang dapat membuat kita stres.

4. Tidur lebih berkualiti

Seperti diketahui dengan tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada wajah seperti penuaan dini atau kerutan. Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur.

Kesan negatif, bangun lambat:

1. Masalah metabolisme

Jika Anda tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme.

2. Lesu

Tidur berlebihan akan membuat Anda merasa lesu. metabolisme Anda masih bekerja dalam 'set' malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal.

Jika Anda benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.

3. Kehilangan waktu produktif

pagi hari adalah waktu paling produktif karena fikiran Anda masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, Anda harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.

4. Disorientasi

Tidur terlalu lama membuat Anda sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak berhenti otak akan membuat Anda merasa lapar.

5. Sakit kepala

Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Anda tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan.

Sumber dari Info Kesihatan serta Kelebihan bangun awal~
 

1 comment:

  1. nice sharing.. yang dikatakan subuh itu indah apabila Subuhnya berjemaah dan selepasnya tidak ketiduran ..

    semoga terus kuat bangun pagi , bersubuhan yang indah :)

    ReplyDelete